You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Batuah
Desa Batuah

Kec. Loa Janan, Kab. Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur

Bagi Warga bisa menikmati Destinasi Wisata Dewi Belai dan Taman Emastri Garde & Resort Desa Batuah. -- selengkapnya...

Respon Paparan Kades Batuah, Wamendes Agendakan Berkunjung

Administrator 03 Juni 2024 Dibaca 45 Kali

Kerja keras Kepala Desa Batuah, Abd Rasyid mempromosikan desanya memang patut diapresiasi. Bukan hanya dilevel lokal, tapi juga Tingkat nasional. Salah satunya saat sowan ke kantor Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Prof. Dr. Paiman Raharjo, M.Si, Senin (3/6) kemarin.

Moment berharga tersebut dimanfaatkan Kades peraih penghargaan Paralegal Justice Award (PJA)    2024 kategori Favorit Publik menyampaikan sejumlah program Desa Batuah yang sangat dibutuhkan warga. Seperti Pendidikan, Kesehatan dan peningkatan sumber daya manusia. Semua program yang disampaikan, merupakan kerja kolaborasi Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah dengan Perusahaan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan pihak lainnya. “Beberapa program atau bangunan fisik sudah selesai dikerjakan, sehingga siap untuk diresmikan. Semoga kiranya, Pak Wamen berkenan meresmikan, “ ujar Abd Rasyid, kemarin.  

Selain, memamparkan sejumlah program, Rasyid juga menjelaskan tentang posisi Desa Batuah yang masuk sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga banyak program yang didesaian agar warga punya bekal untuk bersaing dengan SMD yang dari luar Desa Batuah. “Kami juga ada membuat program kesetaraan Pendidikan, bagi warga yang selama ini tidak melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Ada program paket C bekerja sama dengan Perusahaan, Program Fresh Graduate Operator Development yang bekerja sama dengan Perusahaan,” bebernya.

Selain itu, Rasyid juga menyampaikan terkait rencana besar Desa Batuah untuk menggerakan sektor wisata yang akan menjadi salah satu sektor yang bisa diandalkan pasca tambang batu bara berakhir. Bahkan, Desa Batuah sudah dipersiapkan sebagai desa digitalisasi yang akan memaksimalkan penggunaan teknologi menghadapi zaman yang semakin canggih. “Sumber daya manusia juga terus ditingkatkan kualitasnya, sarana Pendidikan juga ditingkatkan, sarana air bersih juga terus dikembangkan untuk menjangkau semua wilayah, sehingga kualitas hidup warga juga akan semakin baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Prof. Dr. Paiman Raharjo, M.Si menyambut baik program yang disampaikan Kades Batuah. Dirinya bahkan menyebut bersedia datang ke Desa Batuah, sehingga diharapkan segera buat undangan resmi agar bisa dipersiapkan untuk meresmikan agenda di Kaltim. “Nanti kita undang Gubernur dan Bupati agar sama-sama menyaksikan peresmian program yang baik. Masalah waktu, tentukan saja, supaya bisa dijadwalkan,” tuturnya.

Selain membahas terkait wacana kunjungan ke Desa Batuah untuk meresmikan beberapa program, dirinya juga berharap agar Desa lebih memaksimalkan penggunaan Dana Desa (DD) yang selama ini sudah digelontorkan cukup banyak di era Presiden Joko Widodo. “Contoh jalan desa yang dibangun menggunakan DD sudah mencapai ribuan kilometer, sehingga dampaknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya wilayah yang terpencil,” harapnya.

Untuk diketahui, dalam pertemuan tersebut, Rasyid didampingi Kepala Desa (Kades) Kota Bangun 2, Joko Purnomo dan tim. Kesempatan itu Joko juga memaparkan program dan beberapa keluharan terkait tanah transmigrasi yang selama ini belum maskimal, sehingga sering kali menjadi hambatan dalam mempercepat pembangunan di Desa Kota Bangun.

SUMBER : ADMIN

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image